Tuesday, January 24, 2012

Perjuangan Islam T/Leste Bagai Kucing Ini..

CATATAN PERJALANAN siri 14

"SEMALAM masa dok makan kat kedai Pak Saifullah, nampak anak kucing ni. Jalan dengan dua kaki hadapan, dua kaki belakang hancur di gilis kereta ikut cerita orang di situ. Be gratefull ok...." kata penulis
Dan masjid ini...
Di daerah utama Timor Leste, ibu kota Dili, umat Islam akan mengerjakan solat Jumaat di satu-satunya masjid yang ada, ialah Mesjid An-nur. Pusat kegiatan Islam sebenarnya bertolak dari masjid sebagai sumber kegiatannya. Begitu yang berlaku di zaman pentadbiran pemimpin besar umat Islam Nabi Muhammad SAW.

Mesjid ini juga dikatakan diasaskan pada tahun 1956 dan menjadi pusat perkembangan dakwah di Timor Leste. Ia menempatkan “Centro da Comunidade Islamica da Timor Leste (Cincistil) dan Yayasan Masjid Annur.

CINCISTIL berperanan seumpama jabatan agama Islam yang terdapat di Malaysia. Ia mempunyai hubungan terus dengan pemerintah, dan mengurus hal ehwal perkahwinan.
Lain pula dengan Yayasan Masjid Annur. Ia adalah sebuah badan bebas yang merupakan pentadbir kepada Masjid Annur, Sekolah Annur, Panti Asuhan Annur, Sekolah Baucau (daerah lain) dan Panti Asuhan Baucau.

Selain itu, ia juga menganjurkan kelas Diniah iaitu kelas agama untuk anak-anak Islam selepas waktu Asar sehingga Maghrib. Antara solat Maghrib dan Isya’ pula, kelas agama untuk orang dewasa diadakan. Lantikan imam dan pendakwah yang dihantar ke daerah-daerah lain dijalankan oleh Yayasan ini.

Institusi dibawah Yaysan ini bergantung terutamanya kepada sumber kewangan hasil derma orang ramai. Selain itu, anak-anak dikenakan bayaran 1.50USD bagi sesi persekolah selama sebulan.

Sekolah Annur terbahagi kepada sekolah dasar, junior dan senior. Guru-guru dan anak-anak muridnya ada yang beragama Islam dan beragama Kristian Katholik.

Sistem kurikulum sekolah-sekolah ini menggunakan sistem kerajaan Timor Leste. Guru-guru pula diberi gaji mengikut jam, dengan gaji berbeza-beza antara 50 hingga 200 USD sebulan. Perbelanjaan menggaji guru adalah antara beban tertinggi di Yayasan ini.

Bagi semua sekolah, jumlah guru adalah seramai 42 orang. Selain itu, terdapat seramai108 anak-anak yatim yang ditempatkan di Panti Asuhan Annur dan 25 orang di Panti Asuhan Baucau.

Alhamdulillah, takdir Allah SWT menentukan jalinan Ukhuwwah Islamiyyah terjalin antara penulis blog itu dengan Pak J Angelo Saifullah bin Angelo J (Pak Saifullah) setelah menikmati juadah tengahari di gerainya. Zaujahnya, ibu Norhayati yang berasal dari Indonesia merupakan rakan sepengajiannya di sebuah pasentren di Indonesia seketika dahulu.

Pak Saifullah dan Pak Anuar...(gambar di bawah).

Pak Saifullah adalah merupakan Bendahara (Istilah Pak Siafullah) kepada Panti Asuhan Annur. Ketika di Indonesia, beliau pernah menjadi pimpinan kepada parti P3, sebuah parti Islam di zaman Suharto.

Beliau cukup menjaga kepercayaan yang diberikan kepada beliau. Pernah beliau menolak bantuan kerajaan Timor Leste sebanyak USD 2000 hanya kerana pihak pentadbir meminta laporan kewangan yang palsu, diberikan semasa pembayaran duit tersebut dilakukan.

Menurutnya ini adalah suatu pemula kepada korupsi. Tugasnya sebagai bendahara tidaklah dibayar. Hidup beliau bergantung dari hasil jualan restoran yang diusahakan sendiri, bahkan semua menu dimasaknya sendiri. Melihat keadaan restoran yang uzur, sudah cukup membayangkan kecekalan hidup beliau.


Restoran Pak Saifullah.. (gambar di bawah)

Seorang lagi aktivis diperkenalkan, iaitu En Anuar da Costa Jose, Setiausaha merangkap Bendahara 2 Yayasan Masjid Annur. Seperti Pak Saifullah, En Anuar juga memegang jawatan tersebut tanpa bayaran dan bergantung hidup sebagai peruncit di luar kawasan Masjid Annur.

Apa bentuk bantuan yang diperlukan oleh Yayasan Masjid Annur? Menurut Pak Anuar, mereka berharap suatu majlis berkhatan untuk anak-anak yatim dan mualaf seramai lebih kurang 60 orang dapat dilaksanakan. Kali terakhir majlis seperti itu dijalankan adalah pada 2005 dengan penyertaan 60 orang selama 3 hari. (Maklumat 2009)

Selain daripada itu, memandangkan pelajar-pelajar dari sini hanya mampu sekadar menghabiskan pembelajaran ke peringkat sekolah tinggi, beliau juga berharap ada badan dapat memberi biasiswa kepada anak-anak di sini bagi mengikuti pelajaran di universiti. (Maklumat 2009)


Menurutnya, pada bulan Febuari lalu, beliau telah menghantar permohonan beberapa orang pelajar bagi mengikuti pelajaran di Universiti Islam Antarabangsa. Namun, sehingga kini masih belum ada jawapan. Kehidupan disini amat susah. (Maklumat 2009)

Lihat air longkang itu..

Pernah suatu ketika penulis blog itu terserempak dengan seorang anak perempuan yang mandi menggunakan air longkang. Bahkan, pokok-pokok kangkung di biarkan bercambah dilongkang untuk dijadikan makanan.

Sekiranya ada anak-anak meminta upah mencuci kereta di sini, mereka akan mencuci kereta itu dengan air longkang. Jalan-jalan yang rosak tidak dibaiki kembali kerana tiada peruntukan. Supermarket bergantung keuntungan jualan daripada kunjungan orang asing yang kebanyakan bekerja dengan Persatuan Bangsa-bangsa Bersatu.

Malangnya, kedai-kedai besar ini tidaklah dimiliki oleh orang tempatan. Maka, wang hasil keuntungan oleh tauke-tauke ini, tidaklah dibelanjakan disini. Apatah lagi, urusan kewangan seharian di sini menggunakan Dolar Amerika Syarikat. Sering orang awam menyatakan kerisauan keruntuhan ekonomi di sini setelah PBB berundur pada 2012 nanti.

Sesungguhnya, mereka disini sedaya upaya menghidupkan Islam walaupun hidup mereka merana. Bagaikan kucing di restoran Pak Saifullah tadi, hanya berfungsi dengan dua kaki hadapan sahaja, tetap berjalan juga. Patah sayap namun tetap terbang jua, mengikut pepetah orang tua. Mereka menghargai keimanan yang dikurniakan Allah. Tentu di lubuk hati mereka mengharapkan kekayaan rahim Allah diakhirat kelak, biar di dunia fana ini mereka papa kedana..

Pengangkutan awam di sini biasanya dengan Mikrolet. Sejenis van sederhana yang diubahsuai sebagai bas.

Mana sikap dunia Islam yang sepatutnya ibarat satu tubuh di badan? Satu anggota sakit, anggota lain pun sakit juga, bahkan 'mata' salah satu anggota badan pun tidak mampu tidur nyenyak sendiri-sendiri, walaupun anggota lain yang sakit! Mana sikap yang diarahkan Nabi SAW itu!?

Bersambung..

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

22 Jan 12
Dili, Timor Leste.

Timor Leste: 247 Muslim Diusir Keluar Negaranya

Taman di dalam Masjid An Nur Dili / Foto oleh Aris Heru Utomo

CATATAN PERJALANAN siri 13

Masjid An Nur Dili / foto oleh Aris Heru Utomo

by Aris Heru Utomo
Jumatan di Kampung Alor, Dili

WAKTU menunjukkan pukul 12.00 ketika Jumat (27 Maret 2010) saya tiba di masjid An Nur Kampung Alor, Dili. Pelataran masjid yang pada hari-hari lain terlihat lowong, pada hari Jumat justru disesaki kendaraan roda empat.

Bukan hanya pelataran, sisi jalan menuju mesjid dan tanah kosong di seberangnya pun (tepat di depan Kedutaaan Australia) sudah dipenuhi kendaraan. Sebagian besar adalah kendaraan berwarna putih dengan tulisan “UN” pada kedua sisinya.

Menurut seorang warga Kampung Alor asal Sulawesi yang bernama Amirudin, masjid An Nur sebagai salah satu masjid yang ada di kota Dili memang selalu ramai dihadiri warga muslim Timor Leste yang akan menunaikan ibadah sholat Jumat.

Kehadiran anggota Pasukan Keamanan PBB yang berasal dari negara yang banyak penduduk muslimnya seperti Mesir, Malaysia dan Nigeria pun semakin meramaikan masjid. Mereka inilah yang menyesaki pelataran masjid dengan kendaraan dinas PBB-nya,

Memasuki masjid, terlihat para jamaah sudah memenuhi seluruh ruangan. Sama seperti sholat Jumat di Indonesia, para jamaah yang hadir pun mengenakan pakaian sehari-hari yang bebas dan rapih plus kopiah, termasuk polisi PBB yang sebagian besar masih mengenakan seragam dinasnya (lengkap dengan pistol di pinggang).

Sementara sebagian jamaah lain yang baru datang tampak sedang mengambil wudlu di sisi kanan masjid. Selain tempat untuk jamaah pria, di sisi kiri masjid disiapkan pula tempat untuk jamaah wanita.

Usai menunaikan sholat sunnah, saya pun duduk bersila di atas lantai ubin teraso, yang sebagian besar sudah tidak mulus lagi. Saya bergabung dengan sekitar 300 orang jamaah untuk mendengarkan kotbah dalam bahasa Indonesia. Sebagian besar jamaah terlihat tekun mendengarkan apa yang disampaikan khotib, termasuk polisi PBB asal Nigeria dan Mesir yang tidak mengerti bahasa Indonesia, sementara sebagian jamaah lainnya terlihat terkantuk-kantuk.

Usai shalat Jumat, para jamaah pun segera membubarkan diri untuk melanjutkan pekerjaan masing-masing. Samad, seorang anggota polisi PBB asal Malaysia dan akan mengakhiri tugasnya pada bulan Oktober 2010 ini misalnya, segera bergegas kembali ke posnya yang tidak bisa ditinggalkan berlama-lama. Bahkan ketika hujan belum reda (kebetulan hujan turun bertepatan usainya sholat Jumat), Samad segera menuju Mitsubishi Pajeronya bersama beberapa polisi PBB lainnya asal Malaysia.

Sementara Amirudin, yang meskipun tinggalnya tidak jauh dari masjid di Kampung Alor ini, juga bergegas untuk kembali menunggui dagangannya. Meskipun demikian, di beberapa orang lainnya, sambil menunggu hujan reda, terlihat tengah asyik berbincang satu sama lain. Bahkan dari logat bicaranya terasa sekali kalau mereka adalah pendatang asal Jawa Timur.

Menurut sejarah yang dikutip dari buku “Islam di Timor Timur” karya Ambarak A. Bazher (Gema Insani 1995), Masjid An Nur didirikan pada tahun 1955 atau 1956 atas inisiatif Imam Haji Hasan Bin Abdulah Balatif Kepala Kampung Alor dan masyarakat muslim Dili. Pendirian ini direstui oleh Kepala Suku Arab saat itu, Hamud bin Awad Al-Katiri. Dalam perkembangannya kemudian terbentuk perkampungan Islam seperi sekarang ini.

Karena kerusakan disana-sini, pada awal tahun 1980-an masjid ini diperbaiki dan diresmikan kembali oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen Dading Kalbuadi pada tanggal 20 Maret 1981. Masjid An Nur ini memiliki dua lantai, lantai pertama untuk tempat sholat sementara lantai kedua digunakan sebagai ruang sekolah. Di bagian tengah masjid terdapat sebuah taman yang mungkin maksudnya digunakan sebagai penyejuk ruang alami. Di pojok kanan terdapat perpustakaan sederhana dimana buku-buku Islam dan beberapa keping CD di letakkan di dua buah rak kayu.

Berdiri sejak tahun 1955, tentu saja masjid ini memiliki catatan sejarah panjang kehadiran umat Islam di Timor Timur, baik pada masa Portugis, saat berintegrasi dengan Indonesia maupun ketika akhirnya menjadi Timor Leste.

Ketika Timor Leste dibawah Portugis, oleh masyarakat di Kampung Alor Masjid An Nur ini dijadikan sebagai salah satu tempat perjuangan politik untuk mengusir Portugis. Masjid ini pun pernah menjadi salah satu basis perjuangan proses integrasi Timor Timur dengan Indonesia. Ambarak A Bazher misalnya menyebutkan peran tokoh-tokoh umat Islam Timor Timur seperti H. Salim Bin Said Al-Katiri, Hedung Bin Abdullah dan Sya’ban Joaqim dalam meminta bantuan rakyat dan pemerintah Indonesia.

Ketika Timor Timur akhirnya menjadi Timor Leste, umat muslim, khususnya yang berasal dari Indonesia, sempat mengalami pengalaman tidak mengenakkan terkait dengan status kewarganegaraan mereka. Pada tahun 2004 misalnya, meski di Pengadilan yang dipimpin hakim internasional, Emiliano dos Reis, mereka tidak dianggap melanggar Undang-undang Imigrasi dan Suaka nomor 9/2003, sekitar 247 warga muslim asal Indonesia tetap diusir secara paksa (deportasi) dan menggunakan kekerasan untuk keluar dari Timor Leste. Sayangnya ketika kejadian tersebut berlangsung, tokoh-tokoh HAM di Indonesia yang selama masa integrasi lantang bersuara justru terkesan diam saja.

Kini, enam tahun setelah pengusiran tersebut di atas, kehidupan umat islam di Timor Leste tampaknya mulai normal kembali. Hal tersebut setidaknya tampak dari ramainya sholat Jumat dan berjalannya sekolah yang dikelola pengurus masjid An Nur. Masyarakat Indonesia yang tinggal di kampong Alor pun sudah bisa menjalankan kegiatannya kembali seperti berdagang, dan sebagian diantaranya telah menjadi Warga Negara Timor Leste. Lebih jauh, mengutip omongan Presiden Pusat Komunitas Islam Timor Leste, Arief Abdullah Sagran, “Tidak ada intimidasi karena agama di Timor Leste meskipun kami minoritas.” Semoga.

Aris Heru Utomo/02 April 2010

Tinggal di Beijing. Menulis lewat blog sejak 2006 dan akan terus menulis untuk mencoba mengikat makna, melawan lupa, dan berbagi inspirasi lewat tulisan. Pendiri dan Ketua Komunitas Blogger Bekasi serta deklarator dan pendiri Komunitas Blogger ASEAN. Blog personal: http://arisheruutomo.com. Twitter: @arisheruutomo

Tulisan ini diangkat dari http://sosbud.kompasiana.com. Terima kasih kepada Aris Heru Utomo dari weblog Ibnu Hasyim..

  • Rujukan: http://sosbud.kompasiana.com
  • Islam di Timor Timur
  • [ppi] Re: [ppiindia] Untuk Orang Biasa di Timor Leste (http://www.freelists.org/post/ppi/ppiindia-Untuk-Orang-Biasa-di-Timor-Leste,6)

Bersambung.

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

22 Jan 12
Timor Leste.

Haji Alfonso, Bukti Timor Leste Terima Islam..

CATATAN PERJALANAN siri 12

Mualaf-TimorLeste

Haji Alfonso semasa ditemui di Jeddah..

HAJI Alfonso Noves Alfataro, adalah satu dari sebelas orang yang masuk Islam atau mualaf, asal Timor Leste tahun 1430 H/2009 M yang berkesempatan menunaikan ibadah haji di Mekah tahun itu. Beliau telah memeluk Islam sembilan tahun lalu, setelah dari penganut Kristian Katholik.

Lelaki berusia 41 tahun dan sehari-harinya sebagai jaksa di Kejati Timor Leste ini, merupakan 13 bersaudara dari keluargaa Alfataro. Dua di antaranya telah menjadi mualaf. Berangkat ke Tanah Suci melalui Jakarta, bersama 11 mualaf lainnya asal Timor Leste, merupakan undangan khusus dari Pemerintah Kuwait.

Dia dan 11 rakannya itu berangkat bergabung dengan salah satu travel biro Al Ahram, yang brdomisili di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Alfataro beristerikan seorang mualaf juga, sehingga sebagai pegawai negeri isterinya merupakan minoriti, atau satu-satunya wanita yang mengenakan jilbab atau pakaian menutup aurat semasa beraktiviti di pejabat. Kerana keyakinan dan keimanannya itu, semuanya tidak memghalangi kariernya.

“Memang kelihatannya aneh, tetapi lingkungan dapat menerima, seperti juga sebelum Timor Leste memisahkan diri dengan Indonesia sepuluh tahun lalu, Islam tetap diterima masyarakat.” kata Haji Alfonso ayah kepada dua putera, semasa ditemui di Lapangan Terbang King Abdul Aziz Jeddah, selepas menunaikan haji tahun itu.

"Keberangkatan rombongan 11 orang ke Tanah Suci ini, termasuk sebagai bukti bahawa pemerintah Timor Leste menerima Islam di negeri itu, sekalipun penduduknya majoriti adalah Katholik.

"Hubungan baik Islam dengan agama lain, sudah tumbuh dan berkembang sejak Timor Timur selama 24 tahun bergabung dengan Indonesia, kemudian memisahkan diri sejak 10 tahun lalu.

“Saya pikir Islam di Timor mendapat tempat yang baik, perkembangannya juga sangat baik, dan keberangkatan rombongan kami ini jadi sebagai contohnya,” kata Haji Alfonso lagi.

Mengenai perkembangan Islam di negaranya Timor Leste dia kata, pihaknya punya niat untuk terus mengembangkan agama Islam yang merepakan keyakinan barunya itu. Menurutnya, keadaan boleh memisahkan dengan saudara-saudara kita dari Indonesia yang turut mengembangkan Islam di Timor Leste saat itu. Tetapi kini Islam masih tetap eksis dan bahkan berkembang dengan baik, kerana menurutnya pemerintah memberi tempat yang baik bagi Islam.

Begitulah antara kisah-kisah yang saya dapat dari beberapa sahabat yang saya temui. Tetapi perkembangan Islam di Timor Leste pasca kemerdekaan Timor Leste memang memprihatinkan.

Menurut Centro da Comunidade Islamica de Timor Leste (CENCISTIL), berdasarkan data tahun 1995, jumlah Muslim mencapai 31,579 orang. Namun kini masyarakat Muslim di Timor Leste hanya berjumlah 5,011 atau hanya 3 % dari jumlah penduduk Timor Leste yang mencapai 800,000 jiwa.

Majoriti penduduk Timor Leste memeluk agama Kristian Katholik (90%), bakinya Kristian Protestan dan agama lainnya (7%). Dari 5,011 penduduk Muslim, umumnya terdapat di kota Dili yang mencapai 2,621 orang, lainnya tersebar di beberapa kota seperti Lautem, Viqueque, Baucau, Same, Ermera, Aileu, Ainaro, Liquica Bobonaro, Covalima dan Ambeno.

Jumlah sarana ibadah di Timor Leste pasca kemerdekaan juga menunjukkan penurunan. Sebelum merdeka, Timor Leste (Timor Timur) memiliki jumlah masjid, mushalla dan madrasah mencapai 64, namun kini hanya tersisa 13 bangunan masjid, musholla dan madrasah. Lembaga Islam yang saat ini ada di Timor Leste hanya tersisa 7 Lembaga. Sebelum merdeka jumlah Lembaga di Timor Leste mencapai 20.

Hal ini pun berpengaruh terhadap jumlah ustaz yang ada, saat ini jumlah ustaz di Timor Leste hanya mencapai 21 orang dari sebelumnya yang mencapai 116 orang ustaz. (Sumbe: CENCISTIL 25 Jun 2008)

Di bawah ini gambar-gambar yang saya rakam ketika menyusuri tepi laut di kota Dili, ibu kota Timor Leste itu.


Bersambung.

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

22 Jan 12
Timor Leste.

Lihat lagi, kisah-kisah seperti ini...
E-Buku IH-43: Kisah-kisah Saya Pilih Damai... Islam

E-Buku IH-43: Kisah-kisah Saya Pilih Damai... Islam

Sejarah & Operasi Seroja T/Leste, Siapa Untung?

CATATAN PERJALANAN siri 11

JOM kita lihat-lihat sikit sejarah Timor Leste...

Sejarah Timor Leste berawal dengan kedatangan orang Australoid dan Melanesia. Orang dari Portugal mulai berdagang dengan pulau Timor pada awal abad ke-16 dan menjajahnya pada pertengahan abad itu juga.

Setelah terjadi beberapa krisis sama-sama penjajah Portugis-Belanda, dibuat perjanjian pada 1859 di mana Portugal memberikan bahagian barat pulau itu. Jepun pula menguasai Timor Timur dari 1942 sampai 1945, namun setelah mereka kalah dalam Perang Dunia II Portugal kembali menguasainya.

Pada tahun 1975, ketika terjadi Revolusi Bunga di Portugal dan Gubernur terakhir Portugal di Timor Leste, Lemos Pires, tidak mendapatkan jawaban dari Pemerintah Pusat di Portugal untuk mengirimkan bala bantuan ke Timor Leste yang sedang terjadi perang saudara. Maka Lemos Pires memerintah menarik tentera Portugis yang sedang bertahan di Timor Leste untuk menguasi ke Pulau Kambing atau dikenal dengan Pulau Atauro.

Setelah itu FRETILIN menurunkan bendera Portugal dan mendeklarasikan Timor Leste sebagai Republik Demokratik Timor Leste pada 28 November 1975. Menurut suatu laporan resmi dari PBB, selama berkuasa 3 bulan ketika kekosongan pemerintahan di Timor Leste antara September, Oktober dan November, Fretilin melakukan pembantaian dan kemusnahan terhadap sekitar 60,000 penduduk awan, yang sebahagian besarnya wanita dan kanak-kanak kerana suami mereka adalah pendukung faksi integrasi dengan Indonesia.

Dalam sebuah wawancara 5 April 1977 dengan Sydney Morning Herald, Menteri Luar Negeri Indonesia Adam Malik mengatakan "jumlah korban tewas berjumlah 50,000 orang atau mungkin 80,000".

Tidak lama kemudian, kelompok pro-integrasi mengisytiharkan kerjasama dengan Indonesia pada 30 November 1975 dan kemudian meminta dukungan Indonesia mengambil alih Timor Leste dari kekuasaan FRETILIN yang berhaluan Komunis. Ketika pasukan Indonesia mendarat di Timor Leste pada 7 Desember 1975, FRETILIN didampingi oleh ribuan rakyat mengungsi atau berhijrah ke daerah pegunungan untuk melawan tentera Indonesia.

Lebih 200,000 penduduk mati di hutan kerana pengeboman dari udara oleh militer Indonesia. Ada juga yang mati kerana penyakit dan kelaparan. Banyak juga yang mati di kota setelah serah diri kepada tentera Indonesia. Team Palang Merah International yang menangani orang-orang ini pun tidak mampu menyelamatnya.

Terjadi juga pembantaian oleh kelompok radikal FRETILIN di hutan terhadap kelompok yang lebih moderat. Sehinggaramai juga tokoh-tokoh FRETILIN yang dibunuh oleh sesama FRETILIN selama di Hutan. Semua cerita ini dikisahkan kembali oleh orang-orang seperti Francisco Xavier do Amaral, Presiden Pertama Timor Lesta yang mendeklarasikan kemerdekaan Timor Leste pada tahun 1975.

Seandainya Jenderal Wiranto (pada waktu itu Letnan) tidak menyelamatkan Xavier di lubang tempat dia dipenjarakan oleh FRETILIN di hutan, maka mungkin Xavier tidak lagi jadi Ketua Partai ASDT di Timor Leste Sekarang. Selain Xavier, ada juga komandan sektor FRETILIN bernama Aquiles yang dinyatakan hilang di hutan (kemungkinan besar dibunuh oleh kelompok radikal FRETILIN). Isteri komandan Aquilis sekarang ada di Baucau dan masih terus bertanyakan tentang suaminya.

Selama perang saudara di Timor Leste dalam 3 bulan (September-November 1975) dan selama pendudukan Indonesia selama 24 tahun (1975-1999), lebih dari 200,000 orang dinyatakan meninggal (60,000 orang secara resmi mati di tangan FRETILN menurut laporan resmi PBB). Selebihnya mati ditangan Indonesia saat dan sesudah invasi dan adapula yang mati kelaparan atau penyakit. Hasil CAVR menyatakan 183,000 mati di tangan tentera Indonesia kerana keracunan bahan kimia dari bom-bom napalm, serta mortir-mortir.

oleh TNI (Tentera Nasional Indonesia)









Operasi Seroja

Operasi Seroja adalah sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang dimulai pada 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur kerana..
  • Desakan Amerika Syarikat (AS) dan Australia, yang mahu Fretilin (berpaham komunisme) tidak berkuasa di Timor Timur.
  • Adanya kehendak dari sebahagian rakyat Timor Timur yang ingin bersatu dengan Indonesia atas alasan etnik dan sejarah.
Angkatan Darat Indonesia mulai menyebrangi perbatasan dekat Atambua pada 17 Desember 1975 yang menandai awal Operasi Seroja. Sebelumnya, pesawat-pesawat Angkatan Udara RI sudah kerap menyatroni wilayah Timor Timur dan artileri Indonesia sudah sering menyapu wilayah Timor Timur. Kontak langsung pasukan Infantri dengan Fretilin pertama kali terjadi di Suai, 27 Desember 1975.

Pertempuran dahsyat terjadi di Baucau pada 18-29 September 1976. Walaupun TNI (Tentera Nasional Indonesia) telah berhasil memasuki Dili pada awal Februari 1976, namun banyak pertempuran-pertempuran kecil mahupun besar yang terjadi di seluruh pelosok Timor Timur antara Fretilin melawan pasukan TNI. Dalam pertempuran terakhir di Lospalos 1978, Fretilin kalah dan 3,000 pasukannya menyerah setelah dikepung oleh TNI berhari-hari.

Operasi Seroja berakhir sepenuhnya pada tahun 1978 dengan hasil kekalahan Fretilin dan pengintegrasian Timor Timur ke dalam wilayah NKRI. Selama operasi ini berlangsung, arus pengungsian warga Timor Timur ke wilayah Indonesia mencapai angka 100,000 orang. Korban berjatuhan dari pihak militer dan orang awam. Orang awam banyak digunakan sebagai tameng hidup oleh Fretilin.

Pihak Indonesia juga dituding sering melakukan pembantaian pada anggota Fretilin yang tertangkap selama Operasi Seroja berlangsung. Timor Leste menjadi sebahagian dari Indonesia tahun 1976 sebagai provinsi ke-27. Hal ini terjadi setelah gubernur jenderal Timor Portugis terakhir Mario Lemos Pires melarikan diri dari Dili setelah tidak mampu menguasai keadaan pada saat terjadi perang saudara itu.

Portugal juga gagal dalam proses dekolonisasi di Timor Portugis dan mendakwa Timor Portugis sebagai wilayahnya, walaupun meninggalnya atau tidak pernah diurus dengan baik. AS dan Australia "merestui" tindakan Indonesia kerana takut Timor Leste menjadi 'kantong komunisme' terutama apabila kekuatan utama di perang saudara Timor Leste adalah Fretilin yang beraliran Marxis-Komunis.

AS dan Australia bimbang efek 'teori domino' meluasnya pengaruh komunisme di Asia Tenggara setelah AS lari dari Vietnam dengan jatuhnya Saigon atau Ho Chi Minh City. Namun begitu, PBB tidak menyetujui tindakan Indonesia. Setelah referendum 30 Ogos 1999, di bawah perjanjian tajaan PBB Indonesia-Portugal, majoriti penduduk Timor Leste memilih merdeka dari Indonesia.

Antara waktu referendum sampai kedatangan pasukan perdamaian PBB pada akhir September 1999, dikatakan kaum anti-kemerdekaan yang konon didukung Indonesia mengadakan pembantaian balasan besar-besaran. Dianggarkan sekitar 1,400 jiwa tewas dan 300,000 dipaksa mengungsi ke Timor barat. Sebahagian besar infrastruktur seperti rumah, sistem irigasi, air, sekolah dan listrik hancur.

Pada 20 September 1999 pasukan penjaga perdamaian International Force for East Timor (INTERFET) tiba dan mengakhiri hal ini. Pada 20 Mei 2002, Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara merdeka dengan nama Timor Leste dengan sokongan luar biasa dari PBB. Ekonomi berubah total setelah PBB mengurangi misinya secara drastis. Semenjak hari kemerdekaan itu, pemerintah Timor Leste berusaha memutuskan segala hubungan dengan Indonesia.

Antaranya dengan cara Timor Leste mengadopsi Bahasa Portugis sebagai bahasa resmi. Mendatangkan bahan-bahan keperluan pokok dari Australia sebagai "balas budi" atas campur tangan Australia menjelang dan pada saat referendum. Selain itu pemerintah Timor Leste mengubah nama resminya dari Timor Leste menjadi Republica Democratica de Timor Leste dan mengadopsi mata wang dolar AS sebagai mata wang resmi yang mengakibatkan rakyat Timor Leste menjadi lebih krisis lagi dalam hal ekonomi.

















Monday, January 23, 2012

Pemisahan T/Leste Sama Pemisahan S'pura-M'sia?

CATATAN PERJALANAN siri 10

DILI–Satu dekade setelah memisahkan diri dari Indonesia, Timor Timur belum juga terbebas dari belitan kemiskinan. Situs AL JAZEERA mencatat bahwa seluruh bantuan yang masuk wilayah tersebut telah gagal memakmurkan masyarakat Timor Timur. Pemisahan Timor Timur dari wilayah Indonesia merupakan salah satu inisiatif Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang paling mahal.

Berdasar data yang dikutip Associated Press, sejak tahun 1999, Timor Timur telah menerima bantuan senilai 8,8 miliar dolar AS. Di antara bantuan tersebut dimanfaatkan untuk membiayai proses pedamaian pasca referendum. Hanya di bawah 10 persen dari nilai bantuan itu mengalir untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Jika dihitung rata-rata, setiap warga Timor Timur dalam satu dekade terakhir mendapatkan bantuan sekitar 8.000 dolar AS. Saat ini, penduduk negara tersebut berjumlah 1,1 jiwa. Angka rata-rata itu tergolong paling tinggi di dunia.

Menurut salah satu pene! liti dari Dili, La’o Hamutuk, sebesar 5,2 miliar dolar AS bantuan yang masuk ke Timor Timur berasal dari komunitas internasional. Sedangkan sisanya, sekitar 3 miliar dolar AS merupakan bantuan untuk membiayai tentara perdamaian, utamanya berasal dari Australia dan Selandia Baru.

Dalam 10 tahun terakhir, seperti ditulis situs tersebut, warga miskin di Timor Timur melonjak 14 persen menjadi sekitar 522 ribu jiwa. Sebanyak 60 persen di wilayah itu tercatat menderita gizi buruk.

Charles Scheiner, salah satu penulis hasil penelitian La’o Hamutuk mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi menjadi hal yang sulit diwujudkan di wilayah tersebut. ”Bahkan, saya pikir, PBB juga lembaga internasional lainnya yang terjun ke Timor Timur, tidak pernah secara serius mewujudkannya,” ujar dia di Dili.

Menanggapi masalah itu, Presiden Timor Timur, Jose Ramos Horta, mengungkapkan, seandainya setengah dari total bantuan bisa dialokasikan secara bijak, kemiskinan d! i wilayahnya bisa diberantas. Bantuan itu, kata dia, bakal men! ghadirkan transformasi ekonomi maupun sosial di Timor Timur, seandainya dimanfaatkan sebagaimana metinya.

”Kita bakal punya infrastruktur yang lebih baik. Sistem telekomunikasi, listrik, juga akan lebih baik. Kemiskinan juga bisa ditekan,” tutur dia. Karena itu, sambung Horta, pola penyaluran bantuan PBB dan pembiayaan operasi lembaga tersebut di Timor Timur menjadi persoalan yang krusial.

Atul Khare, yang telah memimpin operasi PBB di Timor Timur sejak 2006, membantah laporan tersebut. Menurut dia, sejak tahun 1999 negara itu telah mencatat kemajuan yang signifikan. Data yang akurat soal Timor Timur, kata dia, bakal dirilis tahun depan, seiring dengan dijalankannya sensus. (Republika online, 10/9/2009)


Gambar ini, ikuti selanjutnya...


Bersambung..


Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

21 Jan 12
Timor Leste.

Islam, Timor Leste & Aku

CATATAN PERJALANAN siri 9
Satu-satunya mesjid di bandar utama Dili, Masjid Annur. Malangnya, dunia Islam hampir lupa pada 1% umat Islam yang berada di Timor Leste. Bahkan dunia seumpama tidak pernah peduli bahawa Perdana Menteri T imor Leste pada 1999 adalah seorang Muslim – Dr. Mari Altakiri. Dikatakan juga 'suatu sejarah menarik tetapi hilang dalam lipatan masa'.

Ibnu Hasyim, beberapa hari lepas semasa berada di pusat kota Dili.. di kaki lima jalan.. Di belakangnya seorng wanita bertudung..

Lokasi Timor Leste

PESAWAT yang saya naiki berlegar-legar di udara lapangan terbang Republik Demokratik Timor Leste atau juga dikenali sebagai Timor Timur. Pesawat terus mendarat di lapangn yang kecil itu.

Saya lihat masa itu hanya ada sebuah saja kapal terbang, itulah yang saya naiki dari syarikat penerbangan 'Batavia Air'. Luas komplek imigresennya, bagaikan sebuah komplek sekolah rendah sahaja kalau di Malaysia. Saya berbaris panjang menunggu kelulusan pihak imigresen. Penghuni semuanya, termasuk pekerja, peniaga dan pengunjung sekali, saya kira-kirakan tak sampai 1,000 orang.

"Selamat datang ke Timor Leste!" Kata seorang pegawai imigresen wanita kepada saya dengan senyuman terukir dibibirnya, setelah meluluskan permohonan masuk ke negaranya.

Gambar diambil dari dalam komplek imigresen Dili..

Timor Leste adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Tenggara, dan bersempadan dengan Kepulauan Timor (Indonesia) di barat. Timor Leste merangkumi pulau Atauro, Jaco, Oecussi-Ambeno dan sebahagian Pulau Timor. Timor Leste diserap ke dalam Republik Indonesia pada tahun 1975 dan memecahkan diri pada tahun 1999.

Timor Leste berjaya mendapatkan kemerdekaan pada Mei 2002. Apabila negara ini menyertai Pertubuhan Bangsa Bangsa Bersatu pada 2002, negara ini mahu dikenali sebagai Timor Leste perkataan dalam bahasa Portugis. Sejarah ringkasnya kira-kira..

  • Abad ke-16: Kedatangan kaum Portugis
  • 1902: Pembahagian Timor antara kaum Portugis dan Belanda secara definitif
  • 1975: Timor Portugis ditelantarkan Portugal yang dilanda Revolusi Pokok Bunga Teluki
  • 1976: Bergabung dengan Indonesia, menjadi Wilayah Timor Timur
  • 1976 - 1980: Perang saudara; konon sekitar 100,000 - 250,000 orang terkorban.
  • 1991: Insiden Santa Cruz
  • 1999: Referendum pemisahan diri Timor Timur dibenarkan presiden B. J. Habibie
  • 1999: Rusuhan besar-besaran antara pro-dan anti-kemerdekaan dan pelarian warga Timor Timur
  • 2002: Terbentuknya negara Timor Leste
  • 2006: pertiga bekas tentera kebangsaan Timor Leste memberontak menuntut keadilan; pecah konflik antara pihak polis yang menyokong kerajaan dengan pihak tentera.

Lihat juga Wikipedia Sejarah Timor Leste

Politiknya, kerajaan Republik. Presiden Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri ialah Xanana Gusmo. Ketua Negara Republik Timor Leste adalah seorang presiden, yang dipilih secara langsung dengan dengan masa bakti selama 5 tahun. Walaupun fungsinya hanya seremonial saja, ia juga mempunyai hak veto undang-undang.

Perdana Menteri dipilih daripada pemilihan parti dan diangkat-tunjuk dari parti majoriti sebuah sokongan majoriti. Sebagai ketua kerajaan, Perdana Menteri mengetuai Majlis Menteri-menteri atau Kabinet dalam Kabinet Kerajaan.

Parlimen Timor Leste hanya terdiri dari satu bilik saja dan disebut Parlamento Nacional. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun. Jumlah kerusi di parlimen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Undang-Undang Dasar Timor Leste berdasarkan perlembagaan Portugal.

Angkatan Bersenjata Timor Leste adalah FALINTIL-FDTL (F-FDTL), sedangkan angkatan polisnya adalah PNTL (Policia Nacional Timor-Leste). Dili adalah ibu negara dan bandar raya terbesar. Bahasa Rasmi, Bahasa Tetum dan bahasa Portugis.

Islam adalah agama minoriti di Timor Timur. Jabatan Kebangsaan AS dan Buku fakta Sedunia CIA menganggarkan bahawa umat Muslim terdiri dari 1% dari jumlah penduduk negara ini,[1] walaupun sesetengah pertubuhan, seperti Adherents.com, memberikan bilangan lebih besar.[2] Perdana menteri pertana East Timor, Mari Alkatiri adalah seorang Muslim Sunah Waljamaah.

Pada 2006, sewaktu bulan Ramadan, 500 umat Islam Dili, ibu negara Timor Timur, telah diserang oleh penduduk Katolik yang sangat besar, dan dipaksa untuk mendapatkan perlindungan di Masjid Annur. José Ramos-Horta, walaupun Perdana Menteri Timor Timur, menentang serangan-serangan tersebut.[3]

foto
A Muslim woman stands in front of An-Nur Mosque, Timor-Leste's largest, in Dili. In a few days Timorese Muslims, a national minority, will celebrate the important Islamic holiday.

Bendera Timor Leste


Lambang Timor Leste
Repúblika Demokrátika Timor Lorosa'e atau
República Democrática de Timor-Leste
Cogan kata: Unidade, Acção e Progresso
(Portugis: "Perpaduan, Tindakan dan Kemajuan")
Lagu: Pátria

Perhatian..
MAAF. Sebenarnya saya sedang meneruskan catatan perjalanan 8 siri di bawah ini..
Siri berikutnya mengenai kisah-kisah dakwah Islam di tanah Batak di Brastagi di tempat saya lawati, dan memasuki era PEMILU (pilihan raya umum) di Aceh dalam kunjungan saya di Lhoksumawe. Tetapi perjalanan saya agak pantas tak sempat nak tulis.

Kini saya telah ke Jakarta, Surabaya, Bali dan di negara Timor Leste. Sekarang saya dalam perjalanan darat dari Dili, ibu negara Timor Laste ke Kupang dalam Indonesia. Jadi mungkin terbatallah rancangan saya untuk Ke Pulau Cristmas di Australia ikut jalan laut, seperti yang dijanjikan, kerana kesuntukan masa.

Mungkin tak sempat jumpa kawan-kawan lama saya di Perkampungan Melayu Cristmas Island di negara di Kanggaro itu. Inya Allah bertemu di lain kesempatan catatan perjalanan.

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

21 Jan 12
Timor Leste.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails